Kenapa buku-e NASIONAL.IS.ME jadi buku…

Tepat setahun yang lalu, 21 April 2010, saya meluncurkan e-book NASIONAL.IS.ME di eX Plaza Indonesia

Peluncurannya, terhitung unik karena sampai dengan hari ini, belum ada orang di Indonesia yang meluncurkan e-book (dalam bahasa Indonesia adalah buku-e) dengan sebuah acara sebagaimana meluncurkan sebuah buku.

Mengapa saya melakukan peluncuran buku-e? Karena saya yakin orang kelak akan banyak melakukan itu, ketika buku-e sudah jadi medium yang lazim. Ketika itu terjadi, orang akan ingat bahwa saya adalah orang pertama yang melakukannya di Indonesia 🙂 (bolehlah bercita cita sedikiiiiit hehehe)

Waktu itu saya ngerap sekitar sejam dan di antaranya saya mewawancarai orang orang hebat di Indonesia dari berbagai macam bidang. Ada atlet basket nasional, ada juara dunia olimpiade fisika, ada seniman ternama, ada penggagas sebuah gerakan nasional.

Acara tersebut disponsori oleh Danamon dan juga oleh Acer. Orang bisa datang dan membawa flashdisk masing masing untuk jadi orang orang pertama untuk membaca buku-e tersebut.

Sekitar seminggu kemudian, tepatnya tanggal 1 Mei, seluruh dunia bisa mengunduh buku-e tersebut. Pada bulan pertama buku-e NASIONAL.IS.ME telah diunduh sebanyak 8000 kali.

Sejak buku-e  itu terbit ada 2 jenis pertanyaan yang diarahkan kepada saya:

1. Kenapa formatnya buku-e?

2. Kenapa nggak dibikin buku beneran?

Hehehehe maksud pertanyaannya sama sebenarnya, jadi jawabannyapun sama.

Buku-e NASIONAL.IS.ME ditulis dengan semangat berbagi.

Awalnya benar benar hanya ingin menjawab sebuah pertanyaan yang ditanya oleh begitu banyak orang :

“Kenapa anda cinta dan optimis terhadap Indonesia”

Jawabannya, adalah isi buku-e NASIONAL.IS.ME

Karena semangatnya berbagi, maka saya ingin sebisa mungkin sebanyak mungkin orang membaca buku tersebut, internet memudahkan saya untuk bisa berbagi sebanyak mungkin. Karena itu, saya gratiskan dan saya perkenankan orang untuk menyebar luaskan kembali apabila mereka mau.

Bahkan kalau ada followers di twitter yang mengalami kesulitan mengunduh, saya hanya perlu RT tweet tersebut dan meminta tolong kepada followers saya untuk membantu, walhasil banyak orang bersedia menge-mail buku-e tersebut.

Kemudian banyak yang bertanya bagaimana dengan teman teman di beberapa daerah di Indonesia yang tidak punya akses internet tapi mereka rasa perlu untuk baca buku-e tersebut..

Jawaban saya waktu itu, “Kalau kamu bisa dapet buku-e-nya gratis dari aku, ada baiknya kamu gratiskan lagi untuk mereka”

Sejak saya sering melontarkan jawaban tersebut, banyak yang ngeprint buku-e tersebut untuk dijadikan hadiah.

Saya bahkan pernah didatangi seorang followers yang ngeprint buku-e NASIONAL.IS.ME dan di-hard cover sebanyak 7 copy untuk ditanda tangani oleh saya dan akan dijadikan kado ulang tahun.

Ada seorang guru yang tweetpic ke saya, bahwa dia ngeprint buku-e NASIONAL.IS.ME dan disimpan di perpustakaan tempat sekolahnya mengajar.

Terakhir, ada followers saya yang memberikan saya sebuah tautan, yang ketika diklik ternyata sebuah thread kaskus.

Isinya seseorang menjual buku-e NASIONAL.IS.ME yang sudah diprint dan ada tanda tangan saya! Harganya saya lupa pastinya, tapi ratusan ribu.

(berhubung rada banyak yang pernah mendatangi saya untuk menanda tangani print out buku-e saya, saya tidak bisa ingat siapa siapa saja orangnya)

Suatu hari, saya menemukan sebuah ide.

“Beli 1 buku, anda sudah menyumbangkan 1 buah buku”

Alangkah kerennya kalau setiap kali ada orang yang beli buku NASIONAL.IS.ME, dia secara otomatis sudah menyumbangkan 1 buku NASIONAL.IS.ME kepada seorang pelajar di daerah yang tidak memiliki akses internet.

Pada saat yang kurang lebih bersamaan, penerbit Bentang menawarkan kepada saya untuk menulis buku. Tawaran tersebut saya sambut dengan ajakan kerjasama buku NASIONAL.IS.ME di atas.

Bentang menyetujui dan akan membantu mendistribusikan buku buku tersebut ke pelosok Indonesia 🙂

Akhirnya, sekarang saya sedang proses edit ulang dan menambahkan tulisan tulisan baru dan bahkan bab baru ke dalam buku NASIONAL.IS.ME

Targetnya, Juli sudah bisa didapatkan di toko toko buku di seluruh Indonesia. Ingat, setiap kali anda beli buku, anda otomatis sudah menyumbangkan 1 buku lagi, sehingga mereka yang punya akses internet dan yang tidak punya akses internet punya kesempatan yang sama untuk bisa membaca buku NASIONAL.IS.ME dan semoga merasakan manfaatnya..

Jadi demikianlah, alasan kenapa buku-e NASIONAL.IS.ME jadi buku…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*