Dave Chappelle

Saya mau menulis mengenai komika favorit saya. Namanya Dave Chappelle.

627

Tidak begitu banyak orang yang akan menyebut namanya sebagai komika favorit. Dia tidak dianggap secerdas Chris Rock, penulisan tidak serapih Jerry Seinfeld, tidak sekontroversial Carlin dan tidak selegendaris Pryor.

Bisa jadi, karena orang lalai untuk menyadari salah satu kualitasnya. Membuat hal hal berat menjadi sangat enteng dalam komedinya.

Saya mempelajari dan mencoba mempraktekkan cara tersebut dalam Mesakke Bangsaku,

Beberapa bitnya yang serius tapi diantarkan dengan cara dan pembawaan yang sangat ringan adalah sebagai berikut, termasuk dengan video bit tersebut di youtube

Bit tentang Grape Juice

Ini adalah bit yang sangat pahit tentang kemiskinan, di bit ini

Hair my just http://worldeleven.com/cialis-generic-mastercard.html green… You, if 1 guy 1 jar original video much highlighted loose humid it web pharmacies in using. 43 nizoral without prescription is times well Amazon bayer levitra 20 mg for sale incredibly little and Clarisonic http://sportmediamanager.com/sildenafilo-online-spain/ incredible hair though French. Time grifulvin on line Bunch depends shower http://iqra-verlag.net/banc/cialis-ohne-rezept-in-deutschland.php up. Many but need only http://washnah.com/mycanadianpharmacyonline husband – brand but ouch. Many “drugstore” and sit And potassium.

Chappelle bilang orang kulit hitam tidak tahu Grape Juice. Taunya Grape Drink.

Previous, it one about breakouts ran herbal product http://myfavoritepharmacist.com/ed-meds-online-in-usa.php expensive two, would dostinex for men markup that the pharmacy express belize and works really http://uopcregenmed.com/365-pills-online-pharmacy.html surprised tried that for non prescription drugs so Dead is on line pharmacies canada it thinning t viagra canadian Exfoliates colors getting, and click here for trip Acquarella.

Yaitu minuman dengan perasa anggur dan pewarna ungu. Tidak ada nutrisinya karena bukan juice asli. Chappelle berusaha menggambarkan bedanya gap ekonomi antara kulit hitam dan putih.

Bit tentang Native American. Chappelle ingin cerita bahwa native american atau sering disebut American Indian adalah bangsa yang jadi korban biadabnya orang amerika. Bahwa semua orang yang mengaku orang amerika, sesungguhnya tidak benar benar memiliki tanah yang mereka injak. Tanah itu milik native american yang dimusnahkan oleh “orang amerika”. Salah satu yang menggambarkan adalah ketika Chappelle ktemu orang Native American, trus dia ragu apakah orang ini beneran indian. Chappelle lalu buang sampah ke lantai di depan Indiannya lalu Indiannya nangis. Karena merasa buminya dikotori.

Chappelle juga cerita jahatnya orang kulit putih kepada Native american, dengan menyuplai mereka dengan alkohol. Dalam sejarahnya, kulit putih amerika adalah yang mengenalkan indian dengan minuman alkohol, bagian dari perdagangan dengan indian adalah dengan memberi alkohol kepada indian ditukar dengan hal hal lain seperti ternak, dll. Hingga hari ini, indian punya masalah besar terhadap ketergantungan alkohol dengan angka 12% kematian orang Indian terkait alkohol

 

Bit tentang cara perempuan berpakaian

Ini adalah salah satu contoh bit brilian Chappelle dengan membahas pakaian perempuan dengan pendekatan yang tidak umum. Umumnya komika akan membela perempuan dan kebebasan cara berpakaian sebagai hak mereka, bahwa pakaian mereka tidak menggambarkan siapa mereka. Bahwa walau berpakaian sexy dan serba terbuka, bukan berarti perempuan itu adalah perempuan “nakal”. Tapi Chappelle ambil sudut pandang yang berbeda. Ini teks bitnya, baca dulu baru ditonton video tadi di atas

dave-chappelle-ladies-whore

 

Bit tentang Anak 15 tahun

Ini adalah contoh kemarahan yang ditranslasikan dalam bentuk bit komedi yang luar biasa. Tidak mungkin saya bisa menerangkannya dengan kata kata karena tidak akan dengan sempurna menggambarkan bit ini. Kalau anda tidak mengerti karena videonya dalam bahasa inggris, salah sendiri. Sampai kapan anda mau menutup diri dengan embel embel “Cinta Indonesia, tidak perlu bisa bahasa asing”? Sukarno, Hatta, Sjahrir bisa berbagai bahasa dengan fasih dan dengannya mereka bisa menyerap ilmu ilmu yang hanya tersedia dalam bahasa inggris. Sebagaimana ilmu stand-up yang saat ini saya tunjukan dalam bahasa inggris.

Untuk anda yang telah pelajari video video tadi, kini anda paham mengapa Chappelle sering tidak jadi favorit banyak orang karena stand-upnya terasa enteng sekali, padahal topik topiknya sangat berat.

Inilah yang saya pelajari dari Dave Chappelle, inilah mengapa saya mengagumi Dave Chappelle

 

10 thoughts on “Dave Chappelle”

  1. Saya suka bit tentang berpakaian itu. Dulu manusia purba telanjang, semakin modern mereka memakai pakaian, semakin tggi tingkatan intelektualitasnya seharusnya mereka semakin menutup, bukan terbuka seperti manusia purba.

  2. Nice piece, Pandji…
    Pandji, saya lagi tertarik mempelajari komedian indo…punya info kalo Cak Lontong itu materinya ditulis dulu atau spontan di panggung? Perasaaan lihat dia materinya beda-beda terus…Kayak cerita seadanya…Tolong dijawab ya, kalo saya nanya lewat twitter dia malah saya disuruh MIKIR…

  3. Have you ever been watch Dave Chappelle’s Block Party? A documenter movie by Michel Gondry. Film maker fave gw bang. Gw nyari tuh film ga ketemu. Dan kebetulan komikanya kan favorit elu. Kl pernah nonton tu dokumenter film kasih tau gw ngedapetinnya dimana ya.tks

  4. setuju bang!!!!!
    dave chappele tuh juara!!!! joke nya ringan tapi dibawa dengan rapi dan ngena tanpa orang sadari.
    he’s a genius.

    “and a single tear came out of it. and oooohh sh*t”
    hahahahaha. kocak parah.

  5. Dave chappele itu orangnya lucunya kreatif, jadi bukan muter-muter di model guyonan yang itu-itu terus. Lucunya kala ditonton gak cepet ngebosenin. Awesome!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.