Game Changer

Sejak pertama kali hadir di Indonesia, Stand-Up Comedy mengalami beberapa “game changing moments”. Momentum momentum yang memberi pengaruh dan mengubah lanskap kesenian ini sehingga bisa jadi seperti hari ini. Berikut adalah game changernya:

1. Iwel stand-up di TV utk pertama kali di Indonesia
2. Stand-Up Comedy Indonesia KompasTV jadi acara TV Stand-Up Comedy pertama di Indonesia
3. Stand-Up Nite 1 dengan pengisi: Ernest Prakasa, Ryan Adriandhy, Arief Didu, Intan AP, Asep Suaji, Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika dan Iwel, jadi pertunjukan stand-up pertama di Indonesia
4. StreetComedy menjadi kompetisi Stand-Up Comedy pertama di Indonesia
5. Bhinneka Tunggal Tawa oleh Pandji Pragiwaksono menjadi pertunjukan Stand-Up Special pertama di Indonesia
6. Merem Melek Tour oleh Ernest Prakasa menjadi tur pertama di Indonesia
7. We Are Not Alright membuka jalan bagi banyak komika dgn kesamaan visi atau karakter utk bergabung dan menciptakan pertunjukan sendiri.
8. Reggie Hasibuan jadi komika Indonesia pertama yang jadi Headliner utk sebuah acara Stand-Up Comedy di luar negeri dan membuka harapan bagi siapapun yg ingin mengembangkan karir ke luar negeri.. wah, bahkan setela diingat ingat..
9. Reggie Hasibuan juga merupakan orang Indonesia pertama yang mengunggah video stand-upnya ke internet.
10. Comedy Cafe jadi tempat pertama di Indonesia yg menggelar Openmikes

itulah beberapa momen dan nama yang memberi pengaruh kepada wajah Stand-Up Comedy di Indonesia.

Itulah, para “Game Changer”

4 thoughts on “Game Changer”

  1. Hi Pandji, menurut saya, acara Stand Up Comedy pertama di TV Indonesia itu bukan di Kompas TV tapi di Metro TV, saya inget banget Metro hadir duluan, bahkan saya menjadi penonton saat tappingnya. Tapi kalau acara KOMPETISI Stand Up Comedy di TV Indonesia, sampai sekarang memang cuma Kompas TV yang menyelenggarakan.
    Thanks….

    1. Dear Irene,
      dari sisi taping KompasTV duluan karena ledakan standup di Indonesia itu terjadi gara2 ada shooting audisi kompasTV
      Dari sisi tayangpun KompasTV duluan, tepatnya duluan 1 minggu. Kalau mau lebih yakin, ditanyakan saja kpd pihak MetroTV dan mereka akan bilang hal yg sama.
      Seluruh cerita lengkap tentang ledakan ini bisa kamu baca di buku Merdeka Dalam Bercanda yg juga tersedia dlm bentuk e-book gratis di website ini juga. Silakan klik tab “for you”

      Terima kasih

  2. Hmm gw taunya dr MetroTv karena di daerah gw Wonogiri sinyal KompasTv dulu belum nyangkut di staisun lokal jogja hehe info yg mencerahkan krna gw blum slesai baca bukunya hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*