I was blind, but now i see…

Jalan gue menuju pencerahan. Gue tadinya ga mau nyontreng. Sekarang gue YAKIN akan nyontreng 🙂

Gue Pandji Pragiwaksono
Gue dikenal provocative proactive.
Album gue berkata begitu, acara radio gue berkata begitu.
Tapi tadi pagi ketika bangun tidur, ada sesuatu yang tidak berubah di kepala gue.
Gue nggak akan nyontreng.

Argumen gue selalu sama
“Golput adalah tanda bahwa partai dan calegnya tidak mampu meyakinkan gue utk memilih mereka”

Gue bukannya tidak kenal caleg, dan bukannya tidak tau partai dan program programnya.

Gue membawakan acara kontes de parpol di TPI selama 13 episode.
Sepanjang 13 episode itu, gue ketemu dengan SEMUA CALEG DARI SEMUA PARTAI DAN MENDENGAR SEMUA PROGRAM.

Bisa jadi, gue lebih tau caleg, partai dan programnya LEBIH dari kebanyakan orang.

Tapi gue belum bisa yakin siapa caleg yang akan gue contreng.

Caleg Artis?
Caleg yang merusak pohon dengan materi mereka?
Caleg dari partai besar yang ternyata ketauan jelas jelas korupsi?
Caleg dari partai islam yang ga mau joged dangdutan karena bagi mereka haram?
Caleg dari partai yang angkuh?
Caleg dari partai baru yang tidak berpengalaman?

Stand point gue jelas
GUE MAU NYONTRENG.
SUMPAH.
Tapi gue mau nyontreng dengan pasti.
Gue ga mau nyontreng hanya karena biar ga golput.
Bagi gue itu salah.
SAMA SALAHNYA DENGAN GOLPUT.

“Gue ga tau akan nyontreng siapa, tapi yang penting gue nyontreng”

WHAT?
Bagi gue, suara kita sangat sangat berkekuatan tinggi.
Seperti kata Spiderman “With great power comes great responsibility”
Gue ga mau nyontreng karena “biar ga golput”
Gue ga mau nyontreng sembarangan.
Suara gue punya kekuatan dan dengan kekuatan itu gue harus bertanggung jawab.
GUE MAU YAKIN KETIKA NYONTRENG

Dan sampai dengan tadi pagi, gue masih belum yakin. Dengan lantang gue mengaku secara on air di radio tempat gue bekerja. Hard Rock FM
Reaksinya, dibawah ini:

JKT XXX 15 g bsa gtu dong, golput itu tindakan pengecut g mau ngambil resiko, mending milihkn, g ad yg tau ap yg terjadi brikutnya

Jkt XXX 30, pagi stenji.. Gw mau comment sama panji.. Kalo loe sampai ga tau siapa yang mau loe pilih, berarti loe yang salah cuy.. Emang warga negara loe apa..? Loe udah dikasih waktu untuk mengenali calon pilihan loe.. Be wise man!

Jkt XXX 28thn pagi guys, landasan orang ga nyontreng itu menurut gw bukan krg info atau ga tau mana yg bagus, yg ga nyontreng itu alesannya cuma MALES,

Jkt XXX Stenji, imho sih, golput itu pengecut. Mrk takut dg pilihan, dgn alesan takut salah. Tp mnrt gw, kl kita ga pernah salah,kita ga pernah tau yg bnr yg mana

Terus terang.. gue agak kecewa dengan reaksi diatas.
Gue mengaku on air bahwa gue ga mau nyontreng, lalu gue bilang on air
“Hardrockers, sejujurnya, gue mau nyontreng. Tapi gue masih ga yakin. Bisa bantu gue gak?”

Reaksinya kayak diatas.
Gue ga minta di judge. Gue minta dibantu.

Toh banyak sekali mengaku lewat SMS mereka akan nyontreng walaupun ga tau mau nyontreng siapa. Mereka mengaku akan nyontreng sembarang. Yang penting bukan golput.
Itu bukan pilihan yang benar.
NO SOLUTION IS NOT A SOLUTION.

Untungnya ada beberapa Hardrockers yang mengarahkan gue dengan benar.
Sekarang gue tau apa yang akan gue lakukan.
Gue ga akan nyontreng caleg.
Gue akan nyontreng partai.
Pada akhirnya, partai yang gue pilih, juga bukan partai partai besar.
Gue memilih partai justru karena partai itu spesifik membela sesuatu.
Dan gue ingin ada perwakilan mereka di DPR.

Sekarang, gue yakin akan nyontreng.
Nyontreng gue bertanggung jawab dan jelas.

How about you?
🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*