Pilih mana?

Sering saya perhatikan, sebuah fenomena menarik di Indonesia.

Di restoran cepat saji, semacam McDonalds, KFC, Burger King dll, sering kita lihat konsumen meninggalkan mejanya dlm kondisi berantakan setelah makan.
Lalu petugas datang menghampiri meja tersebut utk membereskan

Di luar negeri (di US terutama), di restoran cepat saji yang sama, kalau kita meninggalkan meja dgn kondisi kotor kita akan dipelototi. Yg umum di sana adalah setelah makan kita bawa nampan berisi sampah makanan tersebut dan membuangnya dlm tempat sampah yg disediakan. Tempat yg samapun tersedia di restoran cepat saji di Indonesia

Di Starbuckspun serupa.
Bahkan kalau saya membereskan meja dan membuang sisa minuman yg ada di meja saya ke tempat sampah, baristanya tergopoh2 berterima kasih sambil buru buru membersihkan.

Di luar negeri (di US terutama) isi bensin dilakukan sendiri oleh kita. Di Indonesia ada petugas yang membantu kita mengisikan. Ditambah senyum dan ucapan “dari nol ya..”

Di beberapa kesempatan, teman saya yang lama berada di luar negeri (di US lagi lagi) setiap kali cuci mobil di automatic car wash di Indonesia malah bingung karena setelah keluar dari automatic car wash

ada 5 petugas yg ngelapin mobil..

Apakah makna semua ini?

Di Indonesia konsumennya yang manja atau perusahaannya punya servis yang baik?

Pilih mana?

One thought on “Pilih mana?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*