Review RAPutasi2

Tue, Aug 21, 2012

Uncategorized

RAPutasi II adalah proyek solo dari Endrumarch, personil Soul ID yang dulu dikenal dengan Drusteelo. Disebut RAPutasi II karena sebelum ada Soul ID, Endru sudah merilis album RAPutasi. Sebagai orang yang beruntung pernah mendengarkan album pertama tersebut, saya merasakan pertumbuhan seorang Drusteelo menjadi Endrumarch.

Sebelum kita bahas RAPutasi II, saya tertarik untuk bahas RAPutasi pertama yang menurut saya tidak tertandingi rawness-nya. Penuh eksperimen kreatif, penuh subjektifitas menarik dan yang membuatnya lebih keren lagi, seluruh rekamannya dilakukan di kamar mandi.

Kini, RAPutasi II lahir dari tangan Endrumarch. Berikut tanggapan saya terhadap setiap lagu sesuai dengan urutannya di album.

1. Prakata: Lagu yg tepat untuk kick off album ini, dimulai dengan Endru yang freestyle, kemudian musik masuk di tengah tengah seakan mengejar dari belakang. Seperti judulnya, Prakata menerangkan mengapa album ini hadir. Untuk setiap rapper, dia akan kelak diingat dari apa yang pernah dilakukan semasa hidup atau secara singkat: raputasi

Quotables: “Sekarang bikin musik seperti mie instan, cepat bikin kenyang dan cepat dibuang. So, kukan buktikan dan pertahankan raputasi sampai ke akhir waktu”

 2. L.I.A.M. feat Raisa: The old school is back, and its here to stay. Membawa kita kembali ke masa masa mixtape, atau dalam bahasa kita “kaset rekaman” ketika kita mengkompilasi lagu lagu dalam kaset C60, C90 atau C120 (tapi yg ini cepet kusut hehe) berisikan lagu lagu yang mewakili perasaan. Di sini raisa, terasa sekali influence Brian McKnight-nya terutama dari pengambilan nada di Bridge.

Quotables: “Its like going back on the 1st date, coz love is like a mimxtape”

3. Hidden Agenda feat Dmust Akira: Lagunya lucu, menggambarkan benak seorang laki laki yang mencoba meraba isi kepala perempuan di hadapannya. Apalagi ketika perempuannya banyak maunya, hehehe.

Quotables: “you got what i want, i got what you need. See masing masing punya agenda tersembunyi”

4. 1 of these dayz: Endru is probably at his best when he’s spitting his truths. Dari dulu, setiap kali Endru berkesempatan ngerap tentang uneg uneg yang keluar selalu lirik tajam bagaikan samurai nyabet nyabet kanan kiri.

Quotables: “Jadikan kegagalan sebuah berkah, amanah yang lebih berharga dari ijazah”

 5. 2nd Born feat Saykoji, Pandji Pragiwaksono: 3 rapper bapak bapak yang memiliki persamaan berupa anak ke dua perempuan yang mengubah pandangannya terhadap hidup dan fatherhood. Tidak ada di lagu apapun di Indonesia, Saykoji, Endrumarch, Pandji Pragiwaksono berkumpul dalam 1 lagu. Apalagi menunjukkan sisi paling lembutnya.

Quotables: “Walau hidung dan pipi Ayah sering dicakar, tetap dengan bangga i showed the world my scar”

6. Salute: This track smells like the 90s. It has all the elements of the good ol days. Endru emang jago mengambil elemen elemen musik dari jaman jaman tertentu. Mungkin karena dia lama jadi DJ. Kalau anda umur 25-35, mendengarkan lagu ini akan membawa semangat positif sambil melaju di tol menembus lampu lampu jalan, Billboard, dan gedung gedung. Kalau lagi nggak macet.

Quotables: “You gotta give respect to the old and new, tanpa sejarah takkan ada hal yang baru”

7. Dedicated to feat RyanV: Saya menyukai lagu ini karena dengan ge-er merasa lagu ini diciptakan untuk saya dan orang orang yang memiliki semangat yang sama dengan sama. Pekerja keras yang menampikkan lelah untuk mengejar impian, yang percaya pencapaian dan bukan uang yang akan membawa kebahagiaan

Quotables: “Dedicated to the people who believes in the struggle and the problems will fade away”

8. Aku dan Renjana feat Chewy Dilmy: Ini lagu yang menarik, Endru meremake lagu milik Katon Bagaskara yang sudah lama. Dari mana Endru tahu lagu ini merupakan misteri, tapi keinginannya untuk meremake lagu ini adalah karena di lagu aslinya, Katonnya juga ngerap. Hasilnya, berkolaboras dengan Chewy Dilmy membuat lagu ini hidup lagi jadi karya keren.

Quotables: “Hujan selimuti angkasa, termangu aku dalam renjana..” (Katon banget nih lirik hehehe)

9. What’s on you mind feat Renita: Cool song, the classic back and forth of a boy and a girl. Dipadu dengan musik yang keren dan suara Renita yang vibe-nya unik membawa lagu ini muncul ke permukaan album RAPutasi II.

Quotables: “I see you lookin kinda upset seperti awan mendung menutupi keindahan sunset”

10. Dulu dan Sekarang: Bisa jadi ini salah satu lagu terfavorit di album ini. Walau sebenarnya Endru mungkin sedang membicarakan dirinya sendiri di lagu ini, tapi rasanya semua laki laki terwakili dengan lagu ini. Pertumbuhan kejiwaan seseorang adalah proses yang sangat berharga dan semuanya tercatat dalam lagu ini. Tapi dari semua yang berubah, Endru mengungkap ada yang tidak berubah yaitu kecintaannya terhada hiphop. And you dont stop.

Quotables: “Dulu its all about the biggest check, skarang ga ngaruh if you aint got respect”

VERDICT: I love this album. A lot. Bukan karena saya ada di album ini atau karena saya kenal Endru, tapi karena saya seumuran sama dia. Hehehe. Referensi Endru dalam album ini, nyambung dengan referensi kehidupan saya. Saya tidak bisa mewakili mereka yang lebih muda dari saya, tapi asumsi saya mereka masih bisa menikmati lagu lagu dalam album ini karena secara musikalitas sangat berkelas, terutama di lagu lagu Endru bertema cinta. Contoh L.I.A.M yang walaupun referensinya 90an, tapi kuping tidak bisa memungkiri musik bagus. Kalau enak ya enak aja di kuping.

Untuk mereka yang mengikuti karir endru selama di Soul ID, akan sangat menarik memiliki album ini. Subjektifitasnya tinggi sehingga ketika kita mendengarkan kembali album album Soul ID kita bisa membaca di mana pengaruh Endru distempelkan dalam setiap lagu. Kunci kesuksesan album ini selain kejujuran Endru terhadap hal hal yang dia resahkan dan dia rasakan, adalah musikalitasnya. Pertama, seorang rapper juga dinilai dari kupingnya dalam memilih atau membuat beat. Album ini menunjukkan Endru kupingnya canggih. Kedua, pengalaman Endru sebagai DJ cukup lama dan sebagai orang yang sudah sangat lama di scene hiphop Indonesia, membuat album ini kaya akan referensi. Bagaikan DJ, Endru banyak mengambil elemen elemen hiphop klasik yang membuat kita tersenyum ketika menemukannya dalam lagu lagu RAPutasi II. Jadi ketauan ternyata selama ini siapa di album album Soul ID yang dengan cerdik mengambil bits dari lagu lagu hiphop dunia.

Kalaupun ada kekurangan dari album ini adalah terkadang di beberapa lagu, suara vokal Endru seakan terkubur suara musik. Sebagai yang punya album, saya lebih ingin dengar suara Endru “maju” ke depan musik musik sehingga bisa lebih jelas dengar liriknya. Tapi itu selera saya, sebuah album tentunya berdiri di atas subjektifitas musisinya. Overall, if Endrumarch released the CD, to me, its worth to collect. Its a part of Indonesian hiphop history. I’d love to have that in my library.

CREDITS:

Prakata Written by :Endru March Sukardi Produced by: Endrumarch & Kitut Sinjingo for Soulbrothaz Production

L.I.A.M(Love Is A Mixtape) Written by :Endru March Sukardi , Raisa Produced by: Kitut Sinjingo for Soulbrothaz Production Additionalbacking vocal by :Izqie Fidian Additionalguitar by : Pandji Akbari Kautsar of The ExtraLarge VocalDirector by : Joel Banget for Soulbrothaz Production

HiddenAgenda Writen by :Endru March Sukardi , Dimas Putro Prasetyo Produced by: Dmust Akira, Kitut Sinjingo for Soulbrothaz Production

1OfTheseDayz Written by :Endru March Sukardi Produced by:M.O.C (Zero One) Additionalbaseline by: Kitut Sinjingo for Soulbrothaz Production

2ndBorn Written by :Ignatius Penyami, Endru March Sukardi, Pandji Pragiwaksono Produced by: M.O.C (Zero One)

Salute Written by :Endru March Sukardi Produced by: Kitut Sinjingo & Joel Banget for Soulbrothaz Production Backingvocal by : Chewy Dilmy

Dedicated to Written by :Endru March Sukardi, Ryan Valentinus Produced by: Kitut Sinjingo & Joel Banget for Soulbrothaz Production Guitar by :Pandji Akbari Kautsar of The ExtraLarge

Aku &Renjana Written by :Katon Bagaskara Additionallyrics by : Endru March Sukardi Produced by: Kitut Sinjingo & Joel Banget for Soulbrothaz Production Guitar by :Pandji Akbari Kautsar of The ExtraLarge Vocals by :Chewy Dilmy

What’s OnYour Mind Written by :Endru March Sukardi, Renita Tampubolon Produced by: Kitut Sinjingo & Joel Banget for Soulbrothaz Production VocalDirector by : Joel Banget for Soulbrothaz Production

Dulu &Sekarang Written by:Endru March Sukardi Produced by: Kitut Sinjingo & Joel Banget for Soulbrothaz Production VocalDirector by : Joel Banget for Soulbrothaz Production Backingvocal by : Chewy Dilmy


Leave a Reply


2 × three =