Singapore, andalan wisata #SPON

Fri, Mar 21, 2014

Uncategorized

Tidak ada yang menyenangkan dari hidup yang membosankan.

Inilah mengapa, kunci dari kebahagiaan menurut banyak orang adalah ketika kita bisa menghidupi diri dari apa yang kita cintai.

Tapi ketika kita hidup dengan menjalani passion kitapun, tidak menjamin bahwa hidup kita akan lalu jadi selalu menyenangkan, tidak pernah melelahkan dan tidak pernah membosankan. Kemungkinan itu tetap ada. Karena kebosanan akan selalu muncul ketika kita mulaui monoton dan menjalankan pola yang sama berulang ulang.

Itulah mengapa, berlibur bukan hanya sebentuk rekreasi, tapi juga sebuah kebutuhan dasar. Kita perlu untuk keluar dari rutinitas, perlu untuk menerjunkan diri dalam lingkungan baru. Untuk menyegarkan kembali pikiran dan membuka wawasan baru. Sesuatu yang tentunya krusial kalau kita mau menggunakan otak dan kreatifitas kita dalam pekerjaan.

Saya pribadi, punya destinasi liburan favorit dalam dan luar negeri. Untuk dalam negeri, wah, banyak sekali, dari Belitung ke Lombok, ke Ambon, banyak destinasi yang indah untuk didatangi. Untuk di luar negeri pengalaman saya belum terlalu banyak. China, Australia, Malaysia, dan Singapore. Yang terakhir, punya kesan mendalam untuk saya.

Bukan hanya, destinasi ini relatif dekat sehingga jadi andalan, tapi saya juga dilahirkan di kota ini. Selalu menyenangkan kembali ke Singapore. Ada sedikit perasaan nyaman. Saya pernah menulis tentang pengalaman pertama kali balik ke Singapore setelah lahir dan kembali ke Jakarta. Kebetulan bersamaan dengan saya ke sana untuk menonton konser Kanye West. Tulisannya panjang panjang dan terbagi dalam 3 blog post yang bisa dibaca di sini

Menurut saya, yang menjadikan Singapore sebagai destinasi yang menyenangkan adalah fasilitas yang disediakan oleh kota tersebut. Trotoar yang luas di mana mana (terutama distrik belanja seperti Orchard dan Scotts Rd) dan ramp ke setiap area  sehingga anda bisa membawa kereta bayi tanpa harus kesulitan bopong bopong melewati tangga, kendaraan umum yang lengkap, nyaman dan relatif mudah dipahami, dan terutama fasilitas fasilitas seperti kartu transportasi yang anda bisa beli harian atau mingguan dan bisa anda gunakan untuk naik kendaraan apapun.

Soal transportasi, saya sarankan untuk mengambil kereta MRT atau bis MRT. Keretanya nyaman dan aman juga petanya relatif mudah untuk dipahami. Selain itu jangkauannya cukup luas. Hampir semua destinasi standar ke Singapore dilalui. Kecuali misalnya Jurong Bird Park dan IKEA (hehehe harus diakui ini juga salah satu andalan) yang bisa didatangi dengan menggunakan bis. Hati hati ya, jangan berharap bisa memberhentikan bisa tengah jalan seperti di Indonesia. Hanya di terminal bis anda bisa naik dan turun. Tapi bisnya juga nyaman dan jam jam ketersediaannya jelas. Taksi kurang saya sarankan kecuali destinasinya jauh atau anda diburu waktu. Atau anda bawa barang bawaan yang terlalu banyak sehingga merepotkan kalau ditenteng ke mana mana.

Untuk destinasi bersama anak anak, Singapore menyediakan banyak destinasi menyenangkan. Jurong Bird Park dan Singapore Zoo sebenarnya tidak terlalu spesial. Yang menjadikannya selalu jadi pilihan turis Indonesia adalah, karena terutama Singapore Zoo, ramah terhadap anak.

Yang saya maksud ramah anak adalah, Singapore Zoo relatif cocok kalau anda bawa anak anak karena areanya tidak luas dan banyak layanan yang seru untuk anak anak seperti misalnya “Bird Show” di mana mereka bisa melihat burung burung beratraksi. Kalau kita bandingkan dengan Ragunan, ukurannya terlalu luas, dengan pengarah jalan yang tidak jelas, membuat anak anak mudah lelah. Jarak antar kandang atau antar jenis hewan terlalu jauh sehingga kadang belum 1/2 satwa didatangi, anak anak sudah lelah duluan.

Universal Studios juga tepat untuk dewasa dan anak. Favorit saya bersama Gamila dan Dipo adalah wahana 4D Transformers Kadang pada jam jam tertentu kita juga bisa bertemu dengan karakter dari film film rilisan Universal Studios seperti Optimus Prime dan tokoh tokoh dari Madagascar. Pastikan juga anda tidak ketinggalan parade para karakter yang biasanya berkeliling Universal Studios menjelang tutup sekitar jam 4-5 sore.

blog 1

Untuk belanja, Singapore sebenarnya hampir kalah oleh Jakarta yang memiliki ratusan mall dengan merk merk dunia. Andalan Singapores sekarang soal Singapore (selain IKEA yang belum buka di Indonesia) adalah pilihan yang berbeda dan lebih lengkap.

Biasanya, orang yang suka belanja produk fashion akan tahu bahwa item item yang dijual di setiap negara bisa berbeda. Harga mungkin tidak jauh beda, tapi pilihan produk bisa beda sama sekali. Seperti H&M Singapore dan Jakarta yang koleksinya beda. Walaupun ada juga yang tidak jauh berbeda koleksinya seperti Zara.

Kalau anda mau belanja produk eletronik, Singapore bisa jadi pilihan utama. Banyak yang beli iPhone atau iPad di Singapore bukan hanya karena rilis duluan, tapi karena harganya bisa lebih murah hingga ratusan ribu.

Belanja CD dan DVDpun menyenangkan di Singapore karena pilihannya jauh lebih lengkap dan beragam. Saya kalau cari DVD NBA atau Manchester United selalu di Singapore. Sayangnya, setau saya HMV  yang jadi andalan saya di 313 Sommerset sekarang sudah tutup. Entah di mana kalau mau nyari HMV lagi.

Tapi hiburan terbesar saya ketika ke Singapore adalah ketika saya ke Kinokuniya yang ada di Takashimaya. Bayangkan toko buku super luas dengan koleksi yang lebih lengkap dari pada buku buku yang ada di Indonesia. Ditambah ada area coffee shop di dalam yang membuat istri saya nyaman menunggu ketika saya lagi muter muter menjelajahi buku buku (sering juga sebaliknya saya yang menunggu). Kadang kadang bawaan saya jadi berat karena pulang bawa banyak buku ke Indonesia. Bacanya sih belakangan, yang penting punya dulu hehehe.

Pulang dan pergi menuju dan dari Singapore, saya selalu pakai Garuda Indonesia. Lebih karena faktor kenyamanan saja. Saya bisa beli tiket dengan mudah secara online, bayar menggunakan kartu kredit lalu e-tiket dikirim ke email saya. Enak. Paperless. Sementara ketika di Singapore, anda juga relatif dimudahkan karena setidaknya karyawan Garuda Indonesia yang ada di sana, ada yang bisa berbahasa Indonesia. Di dalam pesawat, Garuda Indonesia tidak lagi perlu diragukan. Pelayanan bagi saya masih yang terbaik di Indonesia.

Kalau anda berkeinginan ke Singapore juga, ada penawaran menarik dari Garuda Indonesia

Ada Program Pay 1 for 2 disc.30% from J Class ( business class only ). Date of Issue (DOI) : Dari sekarang – 31 Mar 2014. Date of Travel ( DOT ) : 14 Mar – 31 Mei. 

Berlaku untuk rute Balikpapan – Singapore – Balikpapan dan Ujung Pandang – Balikpapan – Singapore – Balikpapan – Ujung Pandang. 

Program ini hanya berlaku untuk pembelian melalui website dan yang paling menarik adalah, setiap pembelian melalui online, ada berkesempatan memenangkan tiket ke London.

Coba klik di sini deh -> HUP
Lumayan kan, beli tiket ke Singapore kalau beruntung bonusnya tiket ke London. Kalau anda menang, nanti anda yang tulis pengalamannya di blog anda, dan gantian saya yang baca serunya liburan anda ke London

 


2 Responses to “Singapore, andalan wisata #SPON”

  1. akbar Says:

    wihh,liburan bung., ada gak yg ngenalin bung pandji di sngpura?kan artis, hehehhe

    Reply

  2. Adi Bali Says:

    Bagus sih kalau orang2 Indonesia banyak berlibur ke Singapura. Mudah-mudahan bisa belajar dan membiasakan diri dengan hidup bersih dan tertib. Kalau kebersihan dan ketertibannya bisa menular kan bagus, misalnya nanti Jakarta jadi kayak Singapura.

    Reply

Leave a Reply


eight − = 2