Under Promise, Over Deliver

Tue, Jul 12, 2011

Uncategorized

Gue dan Istri adalah mungkin mahluk nokturnal. Malam hari, kami kadang ga bisa tidur dan bahkan merasa lapar…

Kalau kecapekan biasanya gue ketiduran, tapi Gamila umumnya begadang. Apalagi kalau lagi hamil seperti sekarang.. Tidurnya sering larut.

Ketika lapar, andalan kami selalu menelfon delivery service dari resto cepat saji. Dari berbagai macam delivery service, gue perhatiin yg paling bagus adalah McD (tanpa bermaksud utk ngiklan)

Pertama, menerima tanpa batas pembelanjaan minimal itu lumayan gokil. Orang bisa aja mesen cuma 1 burger dan tetep minta dianter

Kedua, kalo elo nelf 14045, biasanya yg angkat langsung rekaman “Selamat datang di layanan McDonalds delivery service. Utk layanan pemesanan delivery service, tekan satu” (ampe afal gue, hehehe)
Naah, ketika kita pencet tombol “1″ tanpa hrs menunggu nada tunggu berbunyi, selalu ada yg langsung angkat.
99% selalu ada yg angkat tanpa sempat bunyi “tuuuuuut.. tuuuuuut”

Kemudian, setelah selesai kita memesan, biasanya customer service akan ngasi tau jam berapa perkiraan makanan pesanan kita akan sampai.
Dalam 95% kesempatan, pesanan selalu datang sebelum jam yg dijanjikan.
Jadi kalau McDnya bilang makanan akan sampai jam 23.30, biasanya datang jam 23.15.

Inilah sebenarnya yg disebut

“Under promise, over deliver”

Setiap buku yg menyatakan bahwa customer service merupakan kunci sukses perusahaan, akan bilang hal yang sama: Jangan menjanjikan berlebihan dan jangan pernah gagal dlm memberikan yg kita janjikan.
Lebih baik under promise dan over deliver, jangan janjikan yg tinggi tinggi tapi berikanlah lebih dari yg kita janjikan.

Banyak perusahaan yg menjanjikan yg hebat hebat, yg mewah mewah, yg tinggi tinggi, tapi pada kenyataanya tidak bisa “deliver” seperti yg dijanjikan

Pelanggan yg sudah terbuai janji janji akhirnya jadi korban akan janji yg terpatahkan..

Ini adalah prinsip yg penting utk semua perusahaan yg ingin menjaga hubungan baik dgn pelanggannya dan bahkan ingin pelanggannya merekomendasikan perusahaan tersebut kepada orang lain.

Give them a remarkable moment worth spreading on every chance.

Don’t bullshyt them with false hopes.

Under promise, over deliver.


Leave a Reply


eight + = 12