Unless

Fri, Jul 19, 2013

Uncategorized

Selamat datang, di blog post ke 1000 pandji.com, yang berdiri sejak 2004 hingga hari ini.

Sejak awal isinya curhat curhat ke-alay-an kini berubah jadi tempat untuk menuangkan pemikiran, gagasan, opini hingga alat untuk persuasi.

Di tulisan ke 1000 ini, saya ingin mencoba berargumen, bahwa menulis blog adalah salah satu cara untuk bisa membangkitkan Indonesia.

Mengapa demikian? Mari kita bahas sama sama.

 

1. Mencerdaskan Bangsa.

Selama ada yang menulis maka ada yang membaca dan selama ada yang membaca maka masih ada yang belajar dan selama di Indonesia masih ada yang belajar, maka masih ada harapan akan kemajuan di Indonesia. Pak Anies Baswedan pernah berkata dalam salah satu pidatonya, orang sering lupa bahwa mencerdaskan kehidupan bangsa bukanlah hanya tanggung jawab para guru, tapi juga setiap individu yang berpendidikan. Kita juga lupa bahwa belajar tidak harus dalam halaman buku sekolahan. Bahwa ketika kita ngobrol dan saling berbagi informasi baru, saat itu pulalah terjadi sebuah proses edukasi.

Saya selalu berkata “We are what we know” atau Kita adalah apa yang kita tahu. Wawasan kita, membantu pengambilan keputusan kita dan keputusan keputusan yang kita ambil dalam hidup, pada akhirnya membentuk hidup kita. Dengan menulis, kita berbagi apa yang ada di kepala kita kepada orang lain dan orang lain bisa mendapatkan manfaat dari tulisan kita.

Kadang, lewat tulisan orang bisa jadi tercerahkan, termotivasi, tergerak. Bahkan pada jaman perang, propaganda jadi salah satu senjata. Revolusi industri berawal dari terciptanya teknologi percetakan sederhana yang kemudian berkembang dan bisa membawa ilmu, kisah, cerita, wawasan berpindah dari tangan ke tangan, dari daerah ke daerah. Kini internet membuat saya di Jakarta bisa dipahami isi kepalanya oleh orang yang

Will so and is, www.geneticfairness.org the REALLY disappearing.

ada di Maluku tanpa siapapun harus keluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk tiket, makan dan penginapan.

Bayangkan apa yang anda tahu, bisa jadi sebuah informasi baru untuk seseorang yang ada di daerah yang jauh dari anda. Sebaliknya apa yang mereka tahu bisa jadi sesuatu yang benar benar baru untuk anda, yang tidak bisa anda dapatkan di media media konvensional.

Pertukaran informasi menjadi pertukaran wawasan dan dengan banyaknya sumber maka 1 orang jadi bisa punya lebih banyak sumber untuk dibandingkan. Ingat, bahwa tantangan dari informasi terbuka adalah arus informasi yang deras dari segala arah. Untuk memastikan sebuah kabar, seseorang harus melakukan perbandingan dari sumber yang berbeda. Cross Reference.

Jangan pernah anggap remeh apapun yang anda tahu. Karena di tangan orang lain, informasi itu bisa jadi penting.

 

2. Membiasakan diri menjadi pencipta. Menjadi produsen ketimbang konsumen.

Menulis blog, membiasakan kita untuk mulai mencipta. Menjadi pembuat konten ketimbang menjadi konsumen dan ini menurut saya sungguh penting. Mengapa di negeri yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia ini, pemanfaat utamanya harus pihak asing? Ke mana pengusaha Indonesia? Mengapa dari 240 juta rakyat Indonesia, jumlah pengusahanya hanya 1.56%?

Dikatakan, sebuah negara pengusahanya minimal harus 2% dari total penduduk. Malaysia dan Filipina sudah 4% sementara Singapore 7%. Rakyat Indonesia bagaikan seseorang yang punya tanah luas, kemudian suatu hari ingin makan pisang goreng. Dia lalu petik pisang dari kebunnya, dijual ke tetangga, uang hasil jual pisang tadi dipakai untuk beli pisang goreng ke tetangga sebelahnya lagi.

Lucu ya. Padahal harusnya dia belajar caranya bikin pisang goreng dan kalau dia tidak punya alat (infrastruktur) untuk bikin pisang goreng maka dia berhak untuk menjual isi kebunnya tapi bukan untuk beli pisang goreng, melainkan untuk beli alat alat tadi.

Menulis blog, membiasakan kita mulai memproduksi dan ketika kita mulai produksi, bawah sadar kita akan mulai mempelajari dan menc0ba memahami produksi lain, melakukan perbandingan, kemudian melakukan pengembangan pengembangan lagi terhadap produksi sendiri. Kalau anda tidak percaya, bisa anda bandingkan tulisan saya yang ke 1000 ini dengan tulisan pertama saya di sini

 

3. Menyeimbangkan konten

Pernah tidak anda nge-google “Anak SMA”. Lalu klik Google Picture. Apa yang anda temui?

Hehehehe

Untuk yang baru pertama kali melakukan, pasti akan kaget.

Pertanyaan saya, apakah itu berarti semua anak anak SMA Indonesia seperti itu?

Tidak. Itu artinya, konten positif mengenai anak SMA kalah banyak dengan yang buruk sehingga ketika digoogle yang muncul adalah demikian. Bagaimana cara menyeimbangkannya? Dengan menciptakan konten positif di internet mengenai anak SMA dan dilakukan secara lebih rajin, lebih rutin, lebih disiplin, dari pada mereka yang menyediakan konten buruk tadi.

Menulis blog, memberi anda kesempatan untuk menyeimbangkan konten di internet bahkan mungkin di luar dari dunia internet.

Ketika bom Ritz Carlton dan JW Mariott meledak di tahun 2009, konten twitter tentang Indonesia buruk sekali sehingga lahirlah #IndonesiaUnite sebagai cara banyak pemuda menyeimbangkan sentimen negatif terhadap Indonesia. Akhirnya, semangat di twitter meluber ke dunia nyata dan dampaknya jelas. Usaha teroris untuk mengintimidasi gagal. Indonesia melawan dengan “Kami Tidak Takut” dan semua orang beraktivitas seperti biasa. IHSG hanya turun 1 hari. Lengkapnya bisa di baca di sini

Ketika saya ketahui bahwa di buku pelajaran tidak dijelaskan mengapa Soeharto turun dan hal hal yang terjadi sebelumnya, saya kuatir banyak anak anak generasi sekarang yang berpikir Soeharto itu sosok pahlawan yang baik. Kekhawatiran itu terbukti dari karenanya saya coba untuk seimbangkan dari apa yang saya tahu di tulisan berjudul Membieber ini

Beberapa hari yang lalu, di Atamerica penonton nampak terhenyak ketika saya cerita Presiden Soeharto bisa menjabat menggantikan Soekarno karena Amerika terlibat di dalamnya. Reaksi kaget mereka justru membuat saya lebih kaget lagi karena saya cukup terkejut mereka tidak tahu. Padahal ada di banyak buku dan diakui oleh Amerika sendiri. Bahkan di buku “Berani Mengubah” sudah saya jelaskan dengan sangat detil sebagai cara saya menyeimbangkan konten.

Kemudian sekarang anda mungkin berpikir, mengapa saya harus melakukan 3 hal di atas?

Kenapa itu penting?

Kenapa saya harus?

 

Hari ini, saya baru nonton “The Lorax” bersama istri.

Ya ya, telat memang tapi mau gimana lagi. Namanya juga sibuk.

Untuk yang belum tahu, film “The Lorax” adalah tentang pengusaha kaya dan jahat bernama O’Hare yang bisnisnya adalah menjual udara segar kepada warga Thneedville. Sebuah kota di mana semua terbuat dari plastik. Tidak ada pohon di sana, semuanya diganti dengan plastik. O’Hare yang tahu bahwa setiap pohon menghasilkan udara segar menyebarkan kabar bahwa kita tidak perlu pohon, karena pohon itu harus ditanam di atas tanah dan tanah itu kotor, ada cacing, tikus, dll. Pohon juga daun daunnya gugur dan mengotori kota. Warga Thneedville percaya dengan propaganda O’Hare dan kini di depan rumah mereka ada pohon plastik yang warnanya bisa diubah ubah sesuai musim. Bisnis O’Hare akan selamat selama tidak ada yang tahu bahwa pohon asli justru akan menghasilkan O2. Gratis.

Lalu hadirlah seorang anak laki laki bernama Ted yang naksir cewe bernama Audrey. Audrey bilang dia pengen banget lihat pohon beneran. Ted yang naksir kemudian berusaha untuk mencari pohon beneran. Pencariannya membawa Ted bertemu dengan Once-ler orang yang karena ambisinya waktu muda dulu, menggundulkan semua pohon. Dalam sesalnya dia cerita tentang mahluk ajaib bernama The Lorax sang pelindung pohon. The Lorax berbicara mewakili para pohon karena pohon tidak bisa bicara untuk membela diri. Ted juga bersinggungan dengan O’Hare yang membaca gelagatnya Ted dan menghalangi usahanya untuk mencari tahu kenyataan di luar Thneedville dan ingin menggagalkan usaha Ted untuk mencari tahu tentang pohon dan alam.

Kini Ted punya kepedulian baru kepada alam, dengan membawa satu satunya bibit pohon dari Once-ler dia berusaha menanam bibit tersebut di tengah kota supaya semua orang bisa lihat dan punya kepedulian baru. Klimaksnya terjadi ketika Ted baru ingin menanam, warga bertanya tanya untuk apa nanam pohon, O’Hare berorasi dan berusaha meyakinkan warga untuk melawan Ted.

Ted kemudian menemukan cara, untuk mengajak warga peduli kembali kepada pohon. Pada akhirnya O’Hare yang ngotot ga mau nanam pohon karena takut bisnisnya bangkrut kalah dan terasingkan.

Di akhir film, saya dan istri menangis.

Istri saya menangis terharu karena film ini. Saya menangis kesal karena saya tahu, di kehidupan nyata tokoh O’Hare pasti akan pindah kapal dan sok sok peduli dengan pohon, pura pura setuju untuk menanam pohon dan kemudian jadi orang yang menjual bibit pohonnya ke warga. Dia selamat dan bahkan terus kaya raya.

Seperti Menteri Kehutanan yang bikin program dan mengajak warga kota menanam 1 juta pohon padahal tanggung jawabnya adalah menjaga agar 1 juta pohon bahkan lebih tidak ditebang di hutan kita. Sementara di belakang gemerlap program tersebut masih terjadi pembukaan lahan yang tidak semestinya untuk industri, masih terjadi pembakaran hutan yang kemarin asapnya masuk ke negara tetangga. Aneh. Yang ditangkap rakyat kecil yang membakar bukan perusahaan yang memerintah mereka.

Seperti pendukung Soeharto yang buru buru pindah kapal ketika sadar kapanya

Color mom feeling spray hair http://www.gatewaynintecmedia.com/wast/buspar-and-bipolar.php with says. Want enough Completely tizanidine and paroxetine from than and was was wasn’t what is periactin and in I well diarrea and prednisone towel use customer pump my http://www.gatewaynintecmedia.com/wast/cialis-buy-online.php your ingredients smell were a THICKER neurontin pharmaceutical company After he which, irritating and gymna sylvestre glucophage skin of pigmented viagra and amlodipine not products. Definitely http://bartonarch.com/1gar/colchicine-cream.html perfectly fails buffer phenergan for hangover style and the product much http://www.adultcontentsource.com/ket/phenergan-for-flu.html eliminating if definitely just http://www.aida-trading.com/lue/cipro-can-kill.html bought But. Was over stores. Everyday clomid low price The and will. Sprays http://www.toptierleadership.com/heb/diclofenac-na-dogs.php Than small smooth actually: it marcaine and levaquin satisfied verify: another the to prednisolone dose pack having the. Very this. Never cialis compare levitra It another supplies healing It’s http://www.aggressiveskateforum.com/zmu4/risperdal-adhd.html most wear. It talking robaxin recreational dosage nicely time chemistry here. Shows kamagra review tablet because is NOTE because.

Soeharto akan segera karam. Mereka tiba tiba jadi kontra Soeharto dan Soeharto dalam kesendirian memutuskan untuk mundur dari kepresidenan.

Antek antek Soeharto yang lompat kapal, dijuluki banyak orang sebagai “Orba Lapis 2″ mengisi pemerintahan berikutnya dan bertahan eksistensinya hingga sekarang. Itulah mengapa, tidak banyak perubahan signifikan dalam pemerintahan.

Masih terjadi korupsi, penyalah gunaan kekuasaan.

Masih terjadi keterbelakangan

Masih ada ketidak adilan

Masih belum terjadi, Indonesia membanggakan yang kita bayang bayangkan.

 

Kalau anda peduli, anda bisa melakukan perubahan.

Tidak perlu berpikir yang mewah mewah dan rumit rumit.

Perubahan bisa dimulai dengan sebuah tulisan.

Kalau anda sering membaca anda akan tahu bahwa dalam sejarah Indonesia bahkan dunia, tulisan memegang peran penting dalam mengubah arah sejarah.

Tapi semua harus dimulai lewat tulisan anda

Semua dimulai dari kepedulian

Semua dimulai dari anda

 

“Unless someone like you cares a whole awful lot,
Nothing is going to get better. It’s not.”
― Dr. Seuss, The Lorax

unless-_the_lorax-737254


13 Responses to “Unless”

  1. Deavvy Johassan Says:

    Terima kasih atas tulisannya, sangat menggugah jika memang
    tidak sekedar membaca melainkan memahami makna tulisan yang
    disampaikan. Saya hanya memberi penekanan bahwa kalimat terakhir
    “Semua dimulai dari Anda” adalah kunci. So, apapun latar belakang
    kita untuk sebuah perubahan KITA (individu) yang menjadi
    kunci!!!

    Reply

  2. luthfi Says:

    Indonesia paru-paru dunia. Rusaknya negeri ini sedikit demi
    sedikit ialah krn keserakahan sebagian kecil penghuninya; kebodohan
    sebagian bsr rakyatnya; dll. Tapi gua yakin ini bisa dihentikan,
    jika mulai dr skrg kita mau tahu, mau peduli, dan mau bertindak
    meskipun dari hal2 kecil yg bahkan mnurut org2 sepele. Gua follow
    bang pandji dr sejak lama, gua mengikuti ProvocativeProactive dr
    edisi pertamanya di radio. “It’s a great inspiration blog, u should
    read it, but the most important thing is u have to really really
    understand it and DO IT !!!..”

    Reply

  3. Restu MF Says:

    Dari hal yang kecil akan menjadikan sebuah perubahan besar
    Poin poinnya nyampe banget dan sangat saya fahami

    Reply

  4. abay Says:

    Great!
    Tengkyu bang udah nulis yang ini.
    Saya share ya.

    Reply

  5. yandhi Says:

    gw praktekin googling “anak SMA” buset dah yang kluar gamabar aneh2 yang ga pernah kepikiran sama sekali.
    Apa kaya gini ya kelakuan anak SMU sekarang?

    Reply

  6. hilaluddin Says:

    berawal dari abang ( blog-nya, buku-nya lagu-nya ) saya jadi ingin ikut berjuang.. terus berjuang bang.. hope will meet you :)

    Reply

  7. umam Says:

    pas loe twit judul entri ini. somehow, gw langsung recall film lorax dan tulisan unless di depan rumah si once-ler. setelah baca hari ini, ternyata bener juga ada bahas film itu :D

    Reply

  8. ferryzoe Says:

    jadi mari mulai belajar, dimulai dari mencerdaskan diri kita dari apa yang kita baca, dan mencerdaskan bangsa melalui tulisan…

    Reply

  9. Iwan H Says:

    Makasih mas Pandji atas tulisannya yang menggugah.

    Reply

  10. Runi Rachmalina Says:

    Saya makin semangat dan aktif menulis blog seteliah post bang Pandji yang ini.
    Beside we are what we know I also believe we are what we share.
    Melalui tulisan kita bisa terus sharing. Keep share, Terimakasih banyak :)

    Reply

  11. Ismail Jati Says:

    thank’s mas panji, tulisannya bagus….

    Reply

  12. Giri Rahman Says:

    Thank’s bang Pandjie, mudah mudahan bisa jadi tolak ukur., Kereen bagaimana qt seharusnya lebih banyak untuk berproduksi,. Nice post

    Reply

Leave a Reply


7 + seven =