We’ll see :)

Tahun yang menyenangkan

Itulah 2012 di mata saya.

Bulan Desember ini, saya seperti mendapatkan kesimpulan dari perjuangan sepanjang tahun ini ketika sejumlah kejadian menyenangkan bertubi tubi jatuh ke pangkuan saya

Bukan hanya acara INDONESIA: berlangsung sukses, tapi bulan ini ada beberapa hal yang menyenangkan hati

Jadi sampul majalah VOICE+ , dibahas di majalah RollingStones, dan masuk majalah Global Asia sebagai 50 orang paling berpengaruh di Indonesia. Dalam daftar tersebut ada nama nama dari Presiden SBY, Joko Widodo, Jusuf Kalla, Megawati, Chairul Tanjung, juga ada nama nama menteri, ketua partai, pengusaha dan termasuk ada rekan seperjuangan: Raditya Dika. Ditambah, buku “Surat Dari & Untuk Pemimpin” karya Tempo Institute juga rilis di mana saya dan (yang Tempo anggap sebagai) pemimpin lainnya menulis surat untuk bangsa Indonesia. Dalam buku tersebut ada Ananda Sukarlan, Goenawan Mohammad, Sri Mulyani, Amien Rais, Anies Baswedan, Quraish Shihab, Jokowi-Ahok, Andi F Noya, Christine Hakim, Susi Susanti, Yayuk Basuki, Cholil ERK, Glenn Fredly, Slank, Ridwan Kamil, dll.

photo

Rasanya bangga dan seakan telah mencapai level tertentu bisa disandingkan dengan nama nama di atas. Dalam berkesenian, karir musik saya tidak selama Slank, lagu lagu saya tidak nge-hits seperti Glenn, lirik saya tidak seindah Efek Rumah Kaca. Tapi saya di sana, kemungkinan karena akumulasi pencapaian pencapaian lain yang telah saya capai, selain musik.

Bukan tahun yang mudah 2012 ini, awal tahun saya didera masalah masalah yang teramat berat. Terlalu berat bahkan untuk saya tulis di sini. Masalah ini mencakup saya dan keluarga, masalah lainnya berkaitan dengan orang orang yang saya hormati dan karenanya tidak bijak kalau saya publikasikan di sini. Tapi sebagai gambaran, saya sering tidak bisa tidur hingga pagi hari karena masalah masalah ini

Saya kehilangan Ayah saya pada tahun ini, orang yang mengajarkan saya banyak hal lebih dari tindakan dan pengalaman daripada dari ucapan. Kehilangan beliau, justru memberikan saya pelajaran pelajaran baru.

Ini adalah tahun di mana saya belajar untuk menerima tanggung jawab. Untuk turun dan kotor. Menerima kenyataan bahwa fokus bukanlah mengetahui apa yang harus dikerjakan, melainkan tahu apa yang tidak perlu dikerjakan.

Tahun di mana saya mengambil keputusan keputusan penting bukan untuk saya, tapi untuk kebaikan orang orang lain.

Tahun ketika saya mengingatkan kembali, kalau terasa terlalu nyaman, berarti ada yang salah. Saya masih muda, belum saatnya untuk merasa nyaman. Tubuh ini masih kuat untuk bekerja keras, otak ini masih mampu diajak bekerja cerdas.

Tapi ini tahun yang menyenangkan. Tahun penuh pembelajaran akan selalu jadi tahun yang menyenangkan.

Lebih menyenangkan lagi karena saya (entah kenapa) merasa, tahun 2013 akan lebih menyenangkan lagi.

Mungkin karena film pertama saya MAKE MONEY akan rilis Maret 2013 (untuk info, follow @bamboomfilms)

Mungkinkah tahun 2013 temanya juga MAKE MONEY?

We’ll see 🙂

4 thoughts on “We’ll see :)”

  1. “kalau terasa terlalu
    nyaman, berarti ada yang salah”
    gua suka kalimat yang ini, karna gak tau kenapa gua juga percaya 🙂

  2. “Saya masih muda, belum saatnya untuk merasa nyaman. Tubuh ini masih kuat untuk bekerja keras, otak ini masih mampu diajak bekerja cerdas.”
    luar biasa, kalimat ini akan selalu saya ingat jika saya sedang bersenang2 dan terlalu merasa nyaman dengan uang orang tua. Makasih bang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*