YPKAI

Tue, Feb 5, 2013

Uncategorized

20130205-110354.jpg

;

Selama Februari ini, banyak orang yang mengganti avatar twitternya dengan logo di atas.

Ini adalah logo Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (YPKAI)

Yayasan yang saya dirikan bersama teman teman yaitu Lanang, dr Edi, Erwin & beberapa teman teman lain. Tujuan kami mendirikan ini, adalah untuk membantu adik adik pasien kanker di RSK Dharmais. RS ini adalah pusat kanker nasional. Pasien pasien dari luar kota dan dari Jakarta sering diarahkan ke RS ini.

Ketika kami mulai beraktivitas di 2006, belum ada Yayasan lain. Bahkan konsep kehadiran sebuah Yayasan di RSK Dharmais saat itu tergolong sebuah terobosan.

Tujuan kami sederhana

1. Mencari dan menyalurkan dana untuk biaya pengobatan adik adik pasien kanker yang datang dari keluarga yang tidak mampu. Biaya berobat, sangat mahal dan untuk waktu yang sangat panjang.

2. Menyediakan relawan untuk membantu pelaksaan Psikososial terapi. Ini adalah terapi yang penting, salah satu tujuan utama pendirian yayasan ini adalah untuk memastikan bahwa anak anak diperlakukan sebagaimana anak anak dan bukan pasien umum. Mereka punya kebutuhan untuk bermain dan inilah yang kami sediakan dengan kehadiran relawan relawan kami. Bersama kami juga ibu ibu dari Pita Emas. Sekelompok ibu ibu yang anak anaknya sudah meninggal dunia akibat kanker. Mereka membantu kami untuk membantu konseling dan menjadi teman ngobrol dengan para orang tua anak anak pasien kanker. Merekapun butuh teman berbincang. Karena berat rasanya berpura pura tegar di depan anak mereka agar anak mereka tidak sedih dan stres.

3. Sosialisasi. Kami selalu berusaha untuk melakukan sosialisasi berkaitan kanker pada anak, via TV, koran, majalah, radio termasuk twitter. Inilah mengapa kami gencar melakukan ajakan untuk mengubah avatar twitter dengan logo yayasan kami. Sosialisasi kami bagi menjadi 2:

- Sosialisasi mengenai kanker pada anak

Poin utama dalam sosialisasi ini adalah menyebarkan seluasnya informasi bahwa: Kanker pada anak bisa disembuhkan selama ditangani secepat mungkin. Ini adalah pesan yang luar biasa kuat. Mengingat masih begitu banyak orang tua di Indonesia yang tidak langsung membawa anaknya ke RS karena kuatir dengan biaya. Akhirnnya mereka banyak menggunakan jasa dukun yang (tentunya) tidak berhasil. Baru ketika kondisi anaknya sudah mengenaskan, orang tua tidak punya pilihan lain, baru dibawa ke RS namun ketika masuk RS sudah terlalu terlambat untuk ditolong karena sudah memasuki stadium akhir..

Kami ingin beri tahu bahwa kalau anaknya terkena kanker, bawa langsung ke RSK Dharmais karena di sana banyak yang akan membantu

- Sosialisasi mengenai YPKAI

Sekadar info, selain YPKAI ada beberapa yayasan lain yang siap membantu dengan spesialisasi masing masing

YOAI yang fokus pada penyediaan fasilitas seperti penambahan tempat tidur, perbaikan ruangan, termasuk menyediakan alat apheresis.

YKAKI dan YAI yang fokus pada penyediaan rumah singgah untuk keluarga yang datang dari luar kota dan tidak punya tempat tinggal

Rachel House yang fokus pada pelayanan paliatif, yaitu pengembalian kualitas hidup si anak ketika anak tersebut sudah mendekati akhir hidupnya. Biasanya last wish-nya akan dijadikan kenyataan.

Yayasan yayasan di atas adalah yayasan yang sangat kredibel, terorganisir dengan baik dan efektif dalam memberikan bantuan. Walau YPKAI bisa dibilang hadir lebih dahulu di RSK Dharmais, tapi sesungguhnya kami belajar banyak dan menghormati yayasan yayasan tersebut.

Sebagai tambahan, selain YPKAI memberikan layanan yang sudah diterangkan di atas, kami juga menyediakan ambulance gratis baik untuk membawa pasien ke rumah atau ketika misalnya menuju pemakaman. Biasanya dulu ketika anak sudah meninggal, orang tua masih harus dibebankan biaya sewa ambulance dan biaya pemakaman. Biaya tersebut, kini ditanggung YPKAI

Kami semua bahu membahu saling bantu untuk bisa memberikan yang terbaik bagi anak anak.

Sosialisasi yayasan ini penting bagi kami karena semakin banyak orang yang tahu keberadaan YPKAI, maka semakin banyak orang yang bisa membantu adik adik pasien lewat kami. Nyaris semua kerja sama yang kami jalin dengan banyak perusahaan adalah buah dari sosialisasi kami

Kami pernah menerima bantuan dari Nexian, Hero, Amway, Promag, bahkan terakhir kali Incognito datang untuk konser, kami mendapatkan 20% dari hasil penjualan tiket.

Inilah mengapa, sosialisasi YPKAI penting sekali untuk adik adik ini.

***

Februari, adalah bulan yang penting untuk awareness campaign kanker pada anak, Tanggal 5 adalah hari kanker internasional, tanggal 15 adalah hari kanker anak sedunia.

Dalam rangka bulan penting ini, kami di YPKAI juga bekerja sama dengan Multiply.com

Sebuah kerja sama yang dengan bahagia bisa kami umumkan: Akan berjalan sepanjang mungkin.

Kalau anda buka http://sayapeduli.multiply.com maka anda akan bisa memberikan donasi secara online dengan cara yang mudah dan nyaman. Hasil donasinya akan diarahkan kepada adik adik pasien kanker.

Pada tanggal 24 Februari, jam 19.00, hari Minggu, di MANGO TREE, Epicentrum Walk, Kuningan Jakarta, akan ada peresmian kerja sama ini sekaligus penggalangan dana.

Nama acaranya C3 : Caring Comics for Cancer.

C3 juga merupakan nama komunitas relawan YPKAI: Community for Children with Cancer.

Di acara ini, Adriano Qalbi, Arief Didu dan Ryan Adriandhy akan stand-up masing masing 10 menit. Apabila pada hari tersebut terkumpul donasi sebesar Rp 15.000.000,- maka saya, Pandji Pragiwaksono, akan stand-up selama 30 menit, 100% materi baru.

Bukan materi yang saya pakai di Merdeka Dalam Bercanda.

Pembelian tiket bisa dilakukan di website multiply tadi. Untuk lokasi pelaksanaan acara akan saya umumkan secepatnya :)

***

Terima kasih atas waktunya untuk membaca, mohon disebar luaskan tulisan ini karena dengan itu, anda sudah sangat membantu YPKAI


4 Responses to “YPKAI”

  1. Rizky Lazuardi Says:

    bang pandji, kalo pengen nyumbang YPKAI lewat mana ya?

    Reply

  2. Yulaika Says:

    Saya pernah magang sebentar di RSK Dharmais, dan bangsal anak memang sangat membuat trenyuh.. dengan kondisi pasien2 anaknya. Sangat bersyukur diberi kesehatan dari kecil sampai sekarang. Maju teruss teman2 YPKAI!!

    Reply

  3. arief hjr Says:

    asalamualaikum wr wb.. izin pake avatarnya bang.. dan insya allah saya akan menyebar luaskan artikel ini di beberapa blog saya.. maju terus YPKAI.. wassalam..

    Reply

  4. arifadlillah Says:

    Sepertinya saya ketinggalan nih, blum pke avatarnya :(

    Reply

Leave a Reply


5 + one =