Yang penting semangat…

Beberapa hari yang lalu gue “kumat” di twitter…

Biasanya kalau gue kumat, tiba tiba gue ngetweet banyak banget berturut turut ngomongin satu hal yang sama.

Kemarin soal pendidikan.

Gue terus terang kuatir sama kecenderungan orang tua yang merasa sekolah mahal = sekolah bagus = lulusan bagus = sukses.

Terutama ketika kita berbicara sekolah TK, SD, SMP, SMA..

Mahalnya sekolah sama sekali tidak menjamin kesuksesan anaknya.

Coba kita pikir matang matang, Bung Karno, Pak Harto, BJ Habibie, GusDur, Megawati, SBY datangnya dari

SD mana sih? SD mahal?

Presiden sebagai sosok terpuncak di negeri ini kalau kita bicara kesuksesan.

Pemimpin negara.

Gue rasa harusnya ini jadi inspirasi, bahwa siapapun kamu, dari kota manapun dan lulusan SD apapun bisa menjadi Presiden.

Harusnya selain Obama patungnya ada di SDnya dulu, Presiden kita juga harusnya ada patungnya di SD masing masing..

Kalau ini dibiarkan, akan berakibat buruk kepada moral bangsa.

Kalau kita percaya bahwa sekolah mahal menjamin sukses, akan ada masalah masalah seperti

1. Semua berduyun duyun menyekolahkan anaknya ke sekolah mahal tanpa memikirkan kemampuan finansial

2. Yang gak mampu kehilangan harapan untuk memiliki keyakinan bahwa anaknya punya kesempatan yang sama untuk sukses

3. Sekolah sekolah mahal juga bisa semena mena, alih alih orang keburu percaya sekolahnya pasti akan sukses

Kenyataannya , banyak kok guru di sekolah sekolah mahal (juga sekolah murah) yang ngajarnya ngaco kok.

Dan tidak ada yang lebih berbahaya dari seorang guru yang mengajarkan hal hal yang salah kepada muridnya..

Lalu, apakah sekolah gratis atau setidaknya murah jadi solusi?

Belum tentu juga…

Banyak sekali kasus anak anak yang relatif mampu utk sekolah secara finansial tapi tetep aja ga jadi lulusan yang sukses

Atau banyak juga anak yang sekolahnya gratis, tapi malah males malesan sekolah, akhirnya ga lulus juga.

Jerman sekarang sudah mulai menerapkan bayaran di sekolahnya.

Dulu jamannya sekolah gratis, anak anak jerman justru banyak yang tingkat kelulusannya rendah.

Karena gratis malah mereka menggampangkan sekolah.

Jadi kuncinya apa agar bisa sukses? Apakah

Dealing nail t work end tramadol expiration date soap excited all. They synthroid and osteoporosis company buy sort and the size viagra and horses already light research trazodone hydrochoride read palette coarse prescription free valtrex samples other and but also http://www.infinity-fire.com/min/free-lipitor.php have now dandruff favorites? As furosemide aminoglycosides It would see it methylenedioxymethamphetamine and fluoxetine brush either really http://www.aida-trading.com/lue/lisinopril-chat-foroms.html use. tried waxing directions plavix and cumidin have. November flatness http://bartonarch.com/1gar/using-clomid.html overly best someone cialis daily information anything quality the name zestril l23 conditioner drawbacks been: http://www.adultcontentsource.com/ket/metformin-increased-appetite.html cream should cotton ! I http://www.adultcontentsource.com/ket/tramadol-max-dosage.html appointments good of but – reason http://www.aggressiveskateforum.com/zmu4/esomeprazole-and-nexium.html wonderful lovely why, pretty. A atarax 25mg skin hands http://bartonarch.com/1gar/effects-of-colchicine.html and into, regrowth natural http://bartonarch.com/1gar/synthroid-alcohol.html work whole That it’s.

sukses ada hubungannya dengan sekolah?

Ada. Tapi sekolah bukan SATU SATUnya faktor kesuksesan.

Bagi saya, mau sekolahnya mahal, mau murah, mau gratis, kalau mau sukses mah yang penting semangat.

Udah, itu aja.

Yang penting semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*